Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media adobe flash sebagai layanan informasi dengan topik bersikap hormat siswa kelas VII di SMP Swasta Imelda Medan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model 4-D modifikasi S. Thiagarajan, dkk. Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Swasta Imelda Medan yang berjumlah 29 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini terdiri atas instrumen angket pre-test dan post-test, instrumen uji kevalidan berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, instrumen pengujian kepraktisan berupa angket respon siswa, dan instrumen pengujian keefektifan berupa uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas media adobe flash sebagai layanan informasi topik sikap hormat siswa valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dengan persentase 92%, dan penilaian dari ahli media dengan persentase 90,76%. Pada pemberian angket pre-test dan post-test terjadi peningkatan layanan informasi topik sikap hormat siswa setelah menggunakan adobe flash secara keseluruhan sebesar 9,56%. Hasil angket respon siswa dengan persentase 53% siswa menjawab sangat setuju sehingga kriteria kepraktisan media dapat dikatakan tercapai. Nilai hasil data siswa kelas VII-A memiliki taraf signifikansi lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,586 data tersebut berdistribusi normal dan memenuhi persyaratan uji normalitas, yang selanjutnya digeneralisasi menggunakan uji-t dengan signifikansi (2-tailed) 0,002 < dari 0,05 sehingga Ho ditolak.