Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan mengembangkan modul materi berbicara pada mata kuliah keterampilan bahasa produktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model 4-D (Four D Models) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan desiminasi (disseminate). Tahap pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil angket kebutuhan yang telah disebarkan dapat hasil bahwa responden membutuhkan pengembangan modul materi berbicara pada mata kuliah keterampilan bahasa produktif. 2) validasi ahli materi meliputi, validasi materi pembelajaran dan validasi desain pembelajaran. Validasi materi pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 85,50% dengan kategori “sangat baik”. Validasi desain pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 77% dengan kategori “baik”. 3) Uji coba produk pembelajaran berupa pengembangan modul keterampilan bahasa produktif materi berbicara terhadap responden kelas B sore fakultas bahasa dan seni jurusan pendidikan bahasa Indonesia mendapat nila rata-rata 80, 15% dengan ketegori “baik”. mahasiswa sesudah menggunakan pengembangan modul keterampilan bahasa produktif materi berbicara mendapatkan peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan pengembangan modul keterampilan bahasa prduktif materi berbicara. Dengan demikian modul keterampilan bahasa produktif materi berbicara mendapatkan hasil belajar dan membuat mahasiswa belajar secara mandiri, aktif, dan membudayakan mengembangkan modul secara terus-menerus sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.