Pengembangan Buku Ajar Fisiologi Hewan Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata kuliah Fisiologi Hewan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan diseminasi (disseminate). Buku ajar yang telah dikembangakan divalidasi oleh tiga ahli, yakni ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Buku ajar juga diujikan kepada mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Fisiologi Hewan untuk mendapatkan respon mahasiswa terhadap kualitas buku ajar. Hasil validasi ahli materi menunjukkan 86 terkategori “Sangat Baik”, ahli bahasa menunjukkan 88 terkategori “Sangat Baik”, dan ahli desain menunjukkan 87 terkategori “Sangat Baik. Hasil respon mahasiswa terhadap kualitas buku ajar dalam uji kelompok perorangan, kelompok kecil, serta kelompok lapangan terbatas secara berurutan adalah 86, 89, dan 89. Secara keseluruhan respon mahasiswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Buku ajar yang telah dikembangkan didesiminasi kepada mahasiswa Jurusan Biologi dan diuji keefektivannya melalui uji t dan uji N-gain. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata di kelas eksperimen (71,19) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata di kelas kontrol (55,67) dengan p-value (0,000) < (0,05). Hasil N-gain yang diperoleh adalah 0,59 dengan kategori “Baik”. Hasil ini menunjukkan bahwa buku ajar Fisiologi Hewan berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki efektivitas yang baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.