Pengaruh Model Pemberlajaran Kontekstual dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 157635 Aek Dakka 2 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pembelajaran akan berhasil dengan melakukan upaya perbaikan melalui strategi pembelajaran yang tepat sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki gaya belajar visual, kinestetik, dan auditori, dan interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 157635 Aek Dakka 2 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah dengan jumlah keseluruhan 84 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas SD Negeri 157635 Aek Dakka 2 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 30 mengikuti pembelajaran model kontekstual dan sebanyak 30 mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dan angket untuk gaya belajar. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa pada kelas kontekstual berbeda daripada kelas konvensional, hasil belajar PKn siswa memiliki perbedaan berdasarkan gaya belajar, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa.