Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV UPT SPF SDN 106828 Sumberjo
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran problem based learning melalui home visit lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning melalui Google Clasroom di kelas IV UPT SPF SD Negeri No 106828 Sumberjo;, untuk mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah di kelas IV UPT SPF SD Negeri No 106828 Sumberjo; dan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning melalui home visit dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri No 106828 Sumberjo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri No 106828 Sumberjo tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 54 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : Hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning melalui home visit lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan google classroom di kelas IV UPT SPF SD Negeri No 106828 Sumberjo (Fhitung = 7,750 dan nilai sig. 0,008 < 0,05);, Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah di kelas IV UPT SPF SD Negeri No 106828 Sumberjo (Fhitung = 5,097 dan nilai sig. 0,028 < 0,05);, dan Terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning melalui Home Visit dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa (Fhitung = 6,268 dan nilai sig. 0,016 < 0,05).