Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube Dan Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Tata Hidang SMK Negeri 8 Medan”. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Penggunaan Sumber Belajar Youtube; (2) Kesiapan belajar siswa; (3) Hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Hidang; (4) Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube dengan hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Hidang; (5) Hubungan Kesiapan Belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Hidang; (6) Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan Kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar Tata Hidang. Penelitian dilaksanakan di SMKN 8 Medan, populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI Jasa Boga 4. Teknik penentuan sampel secara purposive sampling sehingga jumlah sampel 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket melalui Google Formulir untuk penggunaan sumber belajar youtube dan kesiapan belajar sedangkan untuk hasil belajar tata hidang diperoleh dari dokumentasi guru. Teknik analisis data secara deskripsi data, dan uji persyaratan analisis, dengan uji normalitas, dan uji linearitas, serta uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan Kesiapan Belajar termasuk kategori cenderung tinggi dengan nilai masing-masing sebesar 55,88 persen dan 52,94 persen, dan Hasil Belajar Tata Hidang termasuk kategori cenderung cukup sebesar 73,5 persen. Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan Sumber Belajar Youtube dengan Hasil Belajar Tata Hidang dengan nilai korelasi parsial r_(〖y. x〗_(1 ) x_2 ) = 0,53 dan nilai koefiisien korelasi parsial thitung > ttabel (3,49 > 2,03) pada taraf signifikan 5 persen. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar Tata Hidang dengan nilai korelasi parsial r_(〖y. x〗_(2 ) x_1 ) = 0,22 dan nilai koefiisien korelasi parsial thitung > ttabel (2,29 > 2,03) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Tata Hidang dengan nilai korelasi ganda Ry.x_1 x_2 = 0,84 dan nilai koefisien korelasi ganda Fhitung > Ftabel (36,95 > 3,30) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya semakin tinggi Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan kesiapan belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar Tata Hidang.