Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca surat kabar dengan kemampuan menulis teks berita siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sumbul, untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumbul dan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan menyimak berita dan membaca suratkabar secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks berita siswaKelas X SMA Negeri 1 Sumbul. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumbul yaitu berjumlah 180 siswa orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini penulis mengutip pendapat Arikunto (2012: 104) jika populasinya kurang dari 100 orang, maka jumlah sampelnya diambil keseluruhan, tetapi jika populasinya lebih besar dari 100 orang, maka dapat diambil 10-100 orang, maka dapat diambil 10-15% atau 20-25% dari jumlah populasinya. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA5 SMA Negeri 1 Sumbul yang berjumlah 36 orang siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data ialah menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik penganalisisan deskriptif kuantitatif dimana menggunakan statistik korelasi ganda. Berdasarkan hasil tes diketahui siswa Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dan membaca dan menyimak berita secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks berita Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sumbul. Nilai rhitung yang diperoleh lebih besar daripada rtabel, yakni 0,602> 0,329 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, hipotesis ketiga yang menyatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dan membaca surat kabar secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks berita Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sumbul diterima.