Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode creative problem solving pada kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan dengan populasi 224 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas VIII-1 (kelas eksperimen) dan VIII-2 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian two group post-test. Tes pada penelitian ini dilakukan sebanyak satu kali yaitu sesudah perlakuan. Perlakuan yang diberikan berupa metode pembelajaran creative problem solving di kelas eksperimen dan metode practice rehearsal pairs(praktek berpasangan) di kelas kontrol. Berdasarkan rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian maka dapat kita ketahui bahwa : 1) kemampuan menulis teks eksposisi saat menggunakan metode creative problem solving (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata 84,43 (termasuk kategori baik). Sedangkan 2) kemampuan menulis teks eksposisi saat menggunakan metode practice rehearsal pairs(praktek berpasangan) memperoleh nilai rata-rata 68,25 (termasuk kategori cukup). 3) berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai to = 5,64. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada tarif signifikan 5% dengan df = (N1+N2)-2 = (32+32)-2 = 62. Pada tabel t dengan df = 62 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00. Nilai to> ttabel atau 5,64 > 2,00 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan metode creative problem solving efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.