Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis E-Learning dalam mata pelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini memakai metode deskripstif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara (tanya jawab) denga informan serta dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Garoga, 2 orang Guru mata pelajaran PPKn yang berada di SMA Negeri 1 Garoga dan 5 orang siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi pendidikan karakter selama pembelajaran sebelum daring di SMA Negeri 1 Garoga belum terpenuhi dengan baik karena memiliki beberapa kendala dalam penerapannya. Implementasi pendidikan karakter selama pembelajaran daring yaitu para siswa di tuntut untuk disiplin waktu, disiplin berpakaian, memberikan pengarahan bagi siswa dalam upacara penaikan bendera pada hari senin walaupun melalui aplikasi zoom, para guru selalu meningkatkan karakter-karakter yang bagus dan selalu mengingatkan siswa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, kegiatan-kegiatan yang mendukung pendidikan karakter yaitu dengan membuat pelatihan pramuka baik secara online maupun secara langsung di lapangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Para guru juga memiliki strategi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter selama pembelajaran berbasis E-Learning dan berupaya dalam mengembangkan sikap kejujuran, disiplin, dan tanggungjawab siswa pada masa pembelajaran berbasis E-Learning dengan membuat penugasan misalnya siswa mengerjakan tugas melalui daring. Adapun kendala yang dialami seperti sulitnya mengakses jaringan internet, para guru masih ada yang belum mahir mengoperasikan penggunaan alat elektronik seperti laptop, sebagian siswa melanggar aturan pembelajaran online, meniru tugas teman, pengawasan pendidikan karakter tidak bisa dilaksanakan secara langsung dan sebagian siswa masih ada yang tidak memiliki handphone untuk mengikuti PBM secara online.