ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesalahan siswa, lembar jawaban siswa, dan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigalingga dalam menyelesaikan soal cerita teorema Pythagoras berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah tes dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII- 1 SMP Negeri 1 Tigalingga sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Persentase tingkat kesalahan siswa pada setiap langkah pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah sebesar 15,67% termasuk dalam kategori kesalahan kecil, menyusun rencana penyelesaian sebesar 32,89% termasuk dalam kategori kesalahan cukup tinggi, menyelesaikan rencana penyelesaian sebesar 45,11% termasuk dalam kategori kesalahan tinggi dan memeriksa kembali sebesar 91,33% termasuk dalam kategori kesalahan sangat tinggi; (2) Pada lembar jawaban siswa masih terdapat banyak kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya; dan (3) Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema Pythagoras berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya yang paling dominan siswa tidak terbiasa untuk memeriksa kembali solusi yang diperolehnya sehingga dalam memeriksa solusi yang diperolehnya, siswa tidak menggunakan langkah-langkah yang runtut (sistematis), siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan matematika untuk menyelesaikan model matematika yang telah dibuatnya dan siswa kurang hati-hati dalam menentukan kesimpulan terhadap permasalahan yang diberikan, siswa tidak terbiasa menuliskan metode dan langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan model matematika yang telah dibuatnya, siswa kurang cermat dan teliti dalam membaca soal.