Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD, (2) keakuratan materi, dan (3) pendukung materi pembelajaran dari buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Instrumen yang digunakan mengacu pada standar penilaian kelayakan isi buku teks yang telah ditetapkan BSNP. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD yang terdiri dari kelengkapan materi dan kedalaman materi memperoleh status sangat layak, (2) keakuratan materi yang terdiri dari pemilihan wacana, teks, gambar, dan ilustrasi sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai, konsep dan teori sesuai sistematika keilmuan, pemilihan contoh sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai, dan pelatihan, penugasan, dan penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik memperoleh status sangat layak, (3) pendukung materi pembelajaran yang terdiri dari kesesuaian dengan perkembangan ilmu memperoleh status cukup layak, kesesuaian fitur/contoh/pelatihan/rujukan memperoleh status sangat layak, pengembangan wawasan kebhinekaan, dan pengembangan wawasan kebangsaan dan integrasi bangsa memperoleh status kurang layak, tidak mengandung unsur SARA, HAKI, pornografi dan bias (gender, wilayah, dsb) memperoleh status sangat layak. Secara keseluruhan buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud dari segi kelayakan isi memperoleh persentase sebesar 78,95% atau dalam kategori layak digunakan dalam proses pembelajaran.