Analisis Soal Ujian Tengah Semester Berbasis Hots (High Order Thingking Skills) Siswa Di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengkategorian tingkatan kognitif taksonomi bloom revisi pada soal UTS bahasa dan sastra Indonesia kelas X, XI, XII tahun pembelajaran 2020/2021 di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal dan mengetahui berapa persen soal UTS bahasa dan sastra Indonesia kelas X, XI, XII tahun pembelajaran 2020/2021 di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal memuat keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal UTS mata pelajarana bahasa Indonesia dari kelas X hingga XII. Metode penelitian yang digunakan adala penelitian deskriptif survey. Sumber data di ambil dari setiap kelas yang masing - masing kelas terdiri dari 30 soal. teknik analisis data menggunakan Milles dan Huberman yang dimana yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari kelas X semester ganjil dikategorikan yaitu Lost 60%, Most 13%, Hots 27% hal ini menunjukkan bahwa soal tersebut belum termasuk kategori soal Hots. Pada kelas X semester genap dikategorikan yaitu Lost 40 %,Most 0%, Hots 53% Hal ini menunjukkan bahwa soal tersebut termasuk kedalam soal hots. Pada kelas XI semester ganjil dikategorikan yaitu Lost 20%,Most 7%, Hots 66% Hal ini menujukkan bahwa soal tersebut termasuk kedalam soal hots. Pada kelas XI semester genap dikategorikan yaitu Lost 27%,Most 0%, Hots 80% Hal ini menunjukkan bahwa soal tersebut termasuk kedalam soal hots. Pada kelas XII semester ganjil dikategorikan yaitu Lost 20%,Most 7%, Hots 80% Hal ini menunjukkan bahwa soal tersebut termasuk kedalam soal hots. Pada kelas XII semester genap dikategorikan yaitu Lost 7%,Most 0%, Hots 93% Hal ini menunjukkan bahwa soal tersebut termasuk kedalam soal hots.