Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penguasaan struktur teks deskripsi siswa kelas VII SMP Bangun Mulia Pangkalan Berandan, (2) penguasaan ciri kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Bangun Mulia Pangkalan Berandan, (3) Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Bangun Mulia Pangkalan Berandan, (4) Kontribusi penguasaan struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Bangun Mulia Pangkalan Berandan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Bangun Mulia Pangkalan Berandan tahun pembelajaran 2020/2021 yang terdiri atas 54 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel yaitu (1) penguasaan struktur teks deskripsi, (2) penguasaan ciri kebahasaan teks deskripsi, dan (3) kemampuan menulis teks deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian sebab akibat. Adapun instrumen untuk mengukur penguasaan struktur dan ciri kebahasaan teks deskripsi yaitu menggunakan soal pilihan berganda dan instrumen untuk mengukur kemampuan menulis teks deskripsi yaitu menggunakan tes uraian. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penguasaan struktur teks deskripsi siswa kelas VII SMP Bangun Mulia Pangkalan Berandan tahun pembelajaran 2020/2021 tergolong rendah dengan skor rata-rata 45,62. Penguasaan ciri kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Bangun Mulia Pangkalan Berandan tahun pembelajaran 2020/2021 juga tergolong rendah dengan skor rata-rata 49, 60, serta kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Bangun Mulia Pangkalan Berandan tahun pembelajaran 2020/2021 juga tergolong rendah dengan skor rata-rata 71,91 . Adapun kontribusi penguasaan struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Bangun Mulia Pangkalan Berandan tahun pembelajaran 2020/2021 yaitu sebesar 0,89 atau 89% yang berarti penguasaan struktur teks deskripsi (X1) dan penguasaan ciri kebahasaan teks deskripsi (X2) memberikan kontribusi terhadap kemampuan menulis teks deskripsi (Y) sebesar 89% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.