Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid (2) praktis (3) efektif (4) peningkatan kemampuan kreativitas matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan (5) peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil tahap pendefenisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba ke lapangan untuk melihat kepraktisan dan efektivitasnya. Perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi barisan dan deret. Uji coba dilakukan dilapangan pada siswa kelas XI MIA SMA Islam Al-Ulum Terpadu medan. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas LKPD = 4,16, Buku Guru = 4,05, Buku Siswa = 4,16 ;(2) perangkat pembelajaran praktis, dilihat melalui total kemampuan guru mengelola pembelajaran = 4,19 dan respon positif siswa terhadap pembelajaran= 93,74% ; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketuntasan belajar yang dilihat melalui ketuntasan klasikal kreativitas matematis = 100% ; (4) peningkatan kreativitas matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan = 0,89 kategori atau kategori “Tinggi” dan indikator kreatif paling meningkat adalah kemampuan berpikir elabotif (elaboration) yakni 0,79 ; (5)peningkatan self-efficacy belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan = 0,14 atau kategori “rendah”.