Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor eksternal seperti sosial budaya dan sosial ekonomi orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi sosial budaya (lingkungan keluarga) dan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa (pendidikan, pekerjaan dan pendapatan orang tua) serta pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kombinasi atau Mixed Methods. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tanjungbalai sebanyak 45 siswa dan orang tua siswa yang ditentukan secara proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif (uji Chi-Square) dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa mayoritas kondisi sosial budaya (lingkungan keluarga) siswa tergolong kategori baik. Kondisi sosial budaya siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa (p = 0,004). Kondisi sosial ekonomi orang tua siswa, mayoritas berpendidikan rendah, bekerja sebagai Non PNS dan mayoritas pendapatan orang tua siswa tergolong kategori rendah. Pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa (p = 0,016). Pekerjaan orang tua siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa (p = 0,022). Pendapatan orang tua siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa (p = 0,017).