Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 0308Aek Bargot
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Langsung; hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah, interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa kelas IV. Penelitian berbentuk Quasi Experimental Design dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan instrumen Keterampilan Sosial. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model konvensional sebesar 57,04 sedangkan menggunakan model Problem Based Learning sebesar 64,81. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas IV SD Negeri 0308 Aek Bargot. Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah dengan (=27.875) > (=4,03) dan sig. (=0.00) < α (=0.05). Serta terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar PPKn Siswa di SD Negeri 0308 Aek Bargot dengan nilai signifikansi keterampilan sosial sebesar 0,00.