Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Motivasi Terhadap Pengetahuan Konseptual IPA Siswa Kelas IV SDIT Hj. Mardiyah Lubis Binjai Tahun Pelajaran 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perbedaan antara pengetahuan konseptual IPA siswa kelas yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model konvensional; (2) Perbedaan konseptual IPA siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi rendah; dan (3) Interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan motivasi tinggi maupun rendah dalam mempengaruhi pengetahuan konseptual IPA siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Hj. Mardiyah Lubis Binjai Tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 217 siswa. Metode penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Jumlah sample yang diambil sebanyak 60 siswa dibagi atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model tipe STAD dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pengetahuan konseptual dan angket motivasi belajar teknik analisisi data dilakukan dengan menggunakan Anava dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbeda secara signifikan dan lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, hal ini berdasarkan rata-rata pengetahuan konseptual siswa sebesar 85,5 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05; (2) Siswa dengan motivasi belajar tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa dengan motivasi belajar rendah; dan (3) Dalam penelitian ini terdapat interaksi antara model pembelajaran tipe STAD dan tingkat motivasi belajar dalam mempengaruhi pengetahuan konseptual IPA siswa dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05.