Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Panca Budi Medan Tahun Pelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan mengenai rendahnya hasil belajar siswa. Salah saatu penyebabnya dikarenakan proses pembelajaran berlangsung tanpa adanya buku pegangan siswa , dan kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar sehingga proses pembelajaran masih menggunakan menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Penelitian ini dibatasi pada pengembangan bahan ajar booklet yang akan digunakan dalam mata pelajaran akuntansi dasar di SMK BM Panca Budi 2 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan bahan ajar booklet berbasis model learning cycle yang dikembangkan dalam mata pelajaran akuntansi kelas X SMK BM Panca Budi 2 Medan dan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar booklet berbasis model learning cycle dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK BM Panca Budi 2 Medan. Lokasi penelitian adalah sekolah SMK BM Panca Budi 2 Medan yang terletak di Jalan Gatot Subroto KM 4,5. Penelitian dilakukan di kelas X Akuntansi Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan pengembangan (Reseacrh and Devolpment) dengan model pengembangan bahan ajar 4-D ( Four D Model ), atau 4P. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama, yaitu: (1) define (pendifinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), serta (4) disseminate (penyebaran). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, Produk bahan ajar booklet berbasis model learning cycle pada mata pelajaran akuntansi dengan materi jurnal umum pada kelas X SMK BM Panca Budi 2 Medan layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi dengan rata-rata 96,37% ahli desain rata-rata 95,8% dan ahli media dengan rata-rata 92,9%. Selanjutnya, penggunaan bahan ajar booklet berbasis model learning cycle 5E efektif meningkatkan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 87,04 dari hasil belajar mereka. Dengan demikian disarankan kepada para guru khususnya di SMK BM Panca Budi 2 Medan dapat lebih kreatif dalam pembuatan bahan ajar. Bagi siswa, bahan ajar booklet sangat perlu ditunjang dengan dukungan fasilitas yang lebih memadai.