Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tp 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi dan mengembangkan sintaks model pembelajaran Discovery Learning berbasis Scaffolding pada siswa kelas X IIS SMAN 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat yang dapat menunjang pembelajaran dan membantu guru dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Salak Pakpak Bharat. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IIS1. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning berbasis Scaffolding yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid) untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS1. Produk yang dikembangkan; berdasarkan penilaian aspek materi; ahli desain pembelajaran yang dilakukan oleh ahli dan hasil tanggapan siswa dengan persentase 85% dalam kategori “sangat layak” dan hasil belajar siswa menggunakan Discovery Learning berbasis Scaffolding model pembelajaran yang dikembangkan mengalami perubahan yang semakin meningkat.