Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laboratorium virtual (OSIBYL) terhadap pengetahuan prosedural dan efikasi diri mahasiswa pada praktikum ekstraksi DNA di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah Pre-Experimental dengan desain penelitian One Group of Pretest-Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas PSPB 2019 Universitas Negeri Medan yaitu sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan berjumlah 32 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data pengetahuan prosedural menggunakan soal pretest dan post-test dan angket efikasi diri. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata skor pretest pengetahuan prosedural adalah 66.41 dan post-test 81.25. Peningkatan pengetahuan prosedural ditunjukan oleh nilai n-gain sebesar 0.433 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel (8.646 > 2.040), maka Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil pretest dan post-test. Untuk efikasi diri mahasiswa, persentase rata-rata sebesar 69.81% dengan kriteria cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh laboratorium virtual (OSIBYL) terhadap pengetahuan prosedural dan efikasi diri mahasiswa.