Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif pembelajaran teks eksplanasi berbasis multiliterasi yang sesuai untuk siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah media interaktif dalam pembelajaran teks eksplanasi berbasis multiliterasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Indonesia dan 25 siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai. Penelitian ini mengadopsi model pembelajaran Research & Development (R&D) oleh Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu Tahap I Analisis, Tahap II Pengembangan Produk, dan Tahap III Pengembangan Produk dan Uji Coba. (2) Hasil validasi ahli materi untuk kelayakan isi materi memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 88,23%. Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria “Baik” dengan persentase 79,10%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria “Baik” dengan persentase 79,80%. Penilaian aspek kegrafikan memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 86,32%. (3) Keefektifan produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan persentase 88,4, sedangkan keefektifan memahami teks eksplanasi tanpa media pembelajaran dengan persentase 59. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata skor siswa meningkat dengan selisih 29.4. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media interaktif dalam pembelajaran teks eksplanasi berbasis multiliterasi layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai.