Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan beberapa jurnal dan skripsi yang direview, lalu bagaimana hubungan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan beberapa jurnal dan skripsi yang direview, serta apa saja kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) berdasarkan beberapa jurnal dan skripsi yang direview. Adapun yang menjadi sumber acuan/rujukan/bahan referensi penelitian ini yaitu lima belas jurnal yang dimulai dari tahun 2016-2020 dan skripsi tahun 2019. Lima belas jurnal dan sebuah skripsi tersebut merupakan karya ilmiah yang relevan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur melalui jurnal dan skripsi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang relevan melalui jurnal dan skripsi, lalu menganalisis data-data dan informasi tersebut dan menyimpulkan hasil akhir dari permasalahan yang dikaji. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, maka peneliti dapat menarik tiga kesimpulan, yaitu Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan matematis siswa. Hal ini karena dalam model pembelajaran think talk write diterapkan tiga tahap yaitu think (berpikir), talk (berdiskusi), dan write (menulis) yang membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematisnya dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Terdapat hubungan antara model pembelajaran think talk write dengan aspek-aspek dalam komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis untuk mampu menjelaskan pendapat/ide siswa secara lisan maupun tulisan. Dengan menerapkan model pembelajaran think talk write, siswa dilatih untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematisnya. Adapun beberapa kendala yang dihadapi siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematisnya melalui penerapan model pembelajaran think talk write yaitu terdapat beberapa siswa yang tidak percaya diri untuk menyampaikan ide/pendapatnya sendiri di dalam kelompoknya. Oleh sebab itu, siswa harus dibantu oleh peran guru sebagai scaffolding dan membantu siswa untuk mulai berani mengemukakan pendapatnya masing-masing.