Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat penilaian passing supaya dapat digunakan di SSB kota Medan pada saat latihan atau tes. Populasi dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa untuk uji skala kecil di SSB Sejati Pratama Medan dan 30 orang siswa untuk skala besar yang berlatih di SSB DISPORASU. Pengembangan alat bantu tes penilaian passing tersebut terlebih divalidasi 2 ahli, 1 ahli materi dan 1 ahli media. dimana persentase validasinya adalah 87,49% dan 86,66%. Metode yang digunakan penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D). Hasil uji coba skala kecil melibatkan 12 orang siswa SSB Sejati Pratama menunjukan bahwa alat bantu latihan tes penilaian passing tersebut memenuhi kriteria untuk dilanjutkan dalam uji coba skala besar karena persentase skor dari setiap aspek 88,88%,-92,69%. Hasil uji coba skala besar terhadap 30 orang siswa SSB DISPORASU bahwa instrumen penilaian passing tersebut sudah memenuhi kriteria untuk melanjutkan dalam pembuatan produk massal karena persentase dari setiap aspek antara 97,7%,-93,88%. Dapat disimpulkan bahwa alat penilaian tes passing tersebut menjadi sebuah alat bantu latihan yang lebih efektif dan efisien. Karena hal tersebut sangat menunjang peningkatan kualitas passing siswa SSB.