Belajar Dari Rumah Dimasa Pandemi COVID-19 Studi Mahasiswa Program Studi Kasus Pendidikan Antropologi Dalam Melakukan Kebiasaan Baru Pembelajaran
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses belajar dari rumah dimasa pandemi COVID-19 studi kasus mahasiswa program studi pendidikan antropologi yang melakukan kebiasaan baru dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara mengamati objek yang diteliti dan tidak ikut atau tidak berperan aktif dalam kehidupan sehari-hari informan. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui Chatting,Zoom dan Video Call. Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi pendidikan Antropologi 2019 kelas B dan C. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah belajar dari rumah selama pandemi COVID-19 tidak efektif serta memiliki beberapa hambatan. Adapun ketidak efektifan belajar dari rumah yaitu mahasiswa sulit memahami materi yang diajarkan oleh dosen dan hambatannya adalah jaringan yang tidak stabil serta kuota internet yang terbatas.Dalam pembelajaran daring mahasiswa memiliki kebiasaan baru dalam memanejemenkan waktu agar pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik.