Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, mengetahui hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dari beberapa sumber seperti jurnal dan artikel yang berkaitan dengan judul peneliti. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian secara studi kepustakaan atau library research dan dilaksanakan secara online dengan mengakses sumber yang berkaitan melalui web Digital Library Unimed selama dua bulan dari Agustus sampai Oktober 2020. Sumber kepustakaan yang dipilih terdiri dari beberapa jurnal ataupun artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan rata-rata kelulusan hasil belajar klasikal siswa yaitu ≥ 85%, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan dari siklus I ke siklus II dan perbaikan yang dilakukan setiap kegiatan. Peningkatan Meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa juga didukung oleh faktor-faktor yaitu motivasi, kelompok serta memberikan kesempatan kepada siswa agar lebih berperan aktif.