ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dalam model pembelajaran discovery learning dan mendeskripsikan permasalahan apa saja yang ditemukan dari masalah proses pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari beberapa sumber seperti artikel, skripsi, dan jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian secara studi kepustakaan atau library research dan dilaksanakan secara online dengan mengakses sumber yang berkaitan melalui web Digital Library Unimed selama satu bulan dari Maret sampai April 2021. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri atau human resource dalam pemilihan informasi yang berkaitan dengan teknik analisis data sumber menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Sumber kepustakaan yang dipilih terdiri dari 10 jurnal yang kebenaran informasi dari sumber diuji dengan uji kredibilitas data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses dalam mendeskripsikan tahap model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terdiri dari tiga tahapan yaitu,: tahap perencanaan (meliputi identifikasi masalah, menetapkan tujuan dan kegunaan penelitian, menentukan metode analisis, dan menentukan sumber data); tahap pelaksanaan (meliputi jenis penelitian, setting penelitian dan pengumpulan data, analisis data, dan uji keabsahan data); tahap akhir (meliputi kesimpulan dan saran). Secara umum permasalahan-permasalahan yang ditemukan disebabkan karena belum terlaksananya pembelajaran menggunakan Model Discovery Learning dengan baik, dan secara khusus permasalahan yang ditemukan adalah siswa belum terbiasa dengan langkah pemecahan menggunakan discovery learning, siswa masih terbiasa dengan pembelajaran yang berpusat pada guru, guru bukan pemberi jawaban akhir dalam menyelesaikan masalah tetapi pemberi konsep.