Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa Kelas VII-6 SMP Negeri 36 Medan dalam menyelesaikan soal operasi aljabar melalui pendekatan matematika realistik. Subjek penelitian adalah beberapa siswa kelas VII-6 SMP Negeri 36 Medan yang berjumlah 32 siswa.Objek penelitian ini adalah analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar melalui pendekatan matematika realistik di kelas VII-6 SMP Negeri 36 Medan.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Dari hasil penelitian, diperoleh siswa yang melakukan kesalahan konsep sebanyak 5 siswa (16%), kesalahan operasi sebanyak 5 siswa (16%), kesalahan prinsip sebanyak 12 siswa (38%), kesalahan dalam penggunaan notasi (41%), dan kesalahan karena kecerobohan sebanyak 21 siswa (66%). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan yang dilakukan yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam materi operasi aljabar, siswa kurang mengerti tentang konsep, perkalian dan penggunaan notasi dalam operasi aljabar serta ketidaktelitian (kecerobohan) siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa melalui pendekatan matematika realistik siswa lebih mudah memahami dan menyelesaikan soal operasi aljabar.