Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada materi bangun ruang sisi datar (prisma) dengan kriteria valid; (2) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada materi bangun ruang sisi datar (prisma) dengan kriteria praktis; (3) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada materi bangun ruang sisi datar (prisma) dengan kriteria efektif. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa SMP yang bertempat tinggal disekitar Desa Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun dan objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada materi bangun ruang sisi datar (prisma). Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada materi bangun ruang sisi datar (prisma) telah valid dengan kriteria “Sangat Baik” berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 4,69 (valid) dan ahli media sebesar 4,63 (valid); (2) penilaian kepraktisan media telah praktis dengan kriteria “Sangat Baik” oleh guru memperoleh nilai sebesar 4,71 (praktis) dan oleh siswa memperoleh nilai sebesar 4,36 (praktis); (3) keefektifan media pembelajaran berdasarkan hasil tes siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 80 (efektif) dengan kriteria “Sangat Baik” dan angket respon siswa positif dengan perolehan nilai sebesar 100% (efektif).