PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang valid dan praktis pada materi bangun ruang kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Hasil validasi isi (content validity) media pembelajaran menunjukkan kategori sangat valid dengan skor 85,4%. Hasil validasi konstruk (construc validity) media pembelajaran menunjukkan kategori sangat valid dengan skor 83,3%. Skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian guru adalah 86,6% dengan kategori sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa adalah 89,8% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dihasilkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi bangun ruang kubus dan balok yang valid dan praktis. Media yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai alternatif oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dan dapat dijadikan pedoman bagi guru dan peneliti lain, dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkan.