METASINTESIS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kecenderungan dari pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah menengah pertama; (2) mendeskripsikan metasintesis tentang pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian systematic review yang menggunakan pendekatan metasintesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu artikel jurnal mengenai pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah menengah pertama tahun 2015-2020 yang di index oleh SINTA (Science and Technology Index), Garuda (Garba Rujukan Digital), Google Scholar. Objek penelitian yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model penelitian yang paling banyak digunakan adalah model 4D, (2) lembar kerja peserta didik yang dikembangkan pada materi sistem persamaan linear dua variabel, segiempat, bangun ruang,dan cenderung pada materi aritmatika sosial; dan (3) lembar kerja peserta didik yang dikembangkan sangat baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.