Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi aritmatika sosial melalui penerapan model discovery learning di kelas VII MTs Al Wasliyah Gunting Saga Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Wasliyah Gunting Saga yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yaitu tes awal, tes kemampuan berpikir kritis matematis I, dan tes kemampuan berpikir kritis matematis II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal materi aritmatika sosial sebelum diberi tindakan siswa belum mampu dalam merumuskan pokok-pokok permasalahan (31,25%), siswa belum mampu dalam memberikan alasan atau argumen yang benar (25%), siswa tidak dapat menyelesaikan masalah dengan beragam alternatif (25%) dan siswa belum mampu menarik kesimpulan dengan jelas dan logis (31,25%). Setelah diberi tindakan pada siklus I dan siklus II diperoleh siswa telah mampu dalam merumuskan pokok-pokok permasalahan dari suatu masalah atau informasi, siswa mampu memberikan alasan atau argumen yang benar, siswa dapat menyelesaikan masalah dengan beragam alternatif penyelesaian, dan siswa dapat menarik kesimpulan dengan jelas dan logis dari hasil penyelidikan. Hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis yang diberikan pada siklus I secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas adalah 14 siswa dari 32 siswa (43,75%) dengan rata-rata 54,48, pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 26 siswa dari 32 siswa (81,25%) dengan rata-rata 73,34 dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal karena 80% dari jumlah siswa memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori cukup yaitu minimal nilai ≥ 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di MTs Al Wasliyah Gunting Saga.