Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana validitas bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi transformasi geometri. (2) mengetahui bagaimana praktisitas bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistic transformasi geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas IX MTs Negeri 2 Medan dengan instrumen penelitian yang berupa lembar validasi RPP, lembar validasi materi dan media bahan ajar interaktif, serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Bahan Ajar Interaktif berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi transformasi geometri yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan nilai validitas materi sebesar 4,28 dengan kategori sangat layak dan nilai validitas media sebesar 4,31 dengan kategori sangat layak. (2) Bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi transformasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) hasil angket respon guru terhadap bahan ajar interaktif menunjukkan nilai kepraktisan sebesar 4,57 dengan kategori sangat praktis; b) hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar interaktif menunjukkan nilai kepraktisan sebesar 3,8 dengan kategori praktis.