ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN PADA SISWA MTS MUALLIMIN MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmatika sosial berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. 2) faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmatika sosial berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. 3) alternatif solusi yang dihasilkan dari hasil tes terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B Mts Muallimin Medan. Subjek yang dikenai wawancara terdiri dari empat siswa. Data diperoleh dari hasil tes uraian soal cerita dan wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan analisis kesalahan newman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) Jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika social berdasarkan analisis kesalahan newman pada kelompok tinggi dan sedang cenderung melakukan kesalahan penulisan jawaban dan keterampilan proses dengan persentase 67,74% dan 77,41%, kelompok rendah cenderung melakukan kesalahan memahami masalah dan transformasi dengan persentase 61,29% dan 77,41%. 2) factor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika social berdasarkan analisis kesalahan newman pada kelompok tinggi dan sedang adalah kurangnya subjek penelitan dalam latihan soal yang bervariasi sehingga kesulitan dengan soal yang sedikit berbeda, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan, serta terburu-buru dalam menyelesaikan soal dan penyebab kesalahan untuk kelompok rendah adalah tidak membaca soal dengan seksama, tidak memahami arti keseluruhan soal dengan baik dan kurangnya pemahaman materi sehingga menyebabkan lupa rumus. 3) alternatif solusi yang dihasilkan dari hasil tes terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Aritmatika sosial berdasarkan Analisis Kesalahan Newman yaitu dengan menggunakan lembar kerja peserta didik dengan langkah-langkah tahapan newman.