PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMK

Main Author: Mursid, R
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/46288/1/Turnitin.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46288/2/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46288/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/12596
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, (2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg dan Gall dengan model rancangan pembelajaran Dick and Carey. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi dalam kategori sangat layak (89,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran kategori sangat layak (84,38%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak kategori sangat layak (88,15%), (4) uji coba perorangan kualifikasi sangat layak (92,92%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (95,00%), uji coba lapangan kualifikasi sangat layak (95,46%).Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan dengan menggunakan media Presentasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 3,76 sedangkan ttabel = 1,98 pada α=0,05 dengan dk 70. Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, yaitu 3,76>1,98. Efektifitas penggunaan media interaktif dalam pembelajaran Kimia adalah sebesar 76,90% dan dikategorikan layak digunakan.