PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INGGRIS

Main Author: Mursid, R
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Pendidikan Studi Teknologi Pendidikan PPS Unimed , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/46282/1/Turnitin.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46282/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/12585/10797
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa membaca dalam bahasa Inggris yang diajar dengan strategi pembelajaran Simulasi Sosial lebih tinggi daripada dengan strategi pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar membaca siswa dalam bahasa Inggris dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar membaca siswa bahasa Inggris. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Peureulak Aceh Timur terdiri dari 6 kelas dengan jumlah sebanyak 204 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Simulasi Sosial lebih tinggi daripada yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada motivasi belajar rendah, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris.