PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN MESIN KONVERSI ENERGI

Main Author: Mursid, R
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/46279/2/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46279/1/Turnitin.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46279/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/16961
Daftar Isi:
  • Studi ini bertujuan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis e-learning yang layak digunakan dan efektif, mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Brog dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey.. Data kualitas produk pengembagan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji materi mesin konversi energi berada pada kualifikasi sangat baik (93,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (88,55%), (3) uji rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (94,10%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,43%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (93,63%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97,96%). Dari hasil efektifitas produk pemebelajaran media e-learning menggunakan schoology yaitu rata-rata nilai siswa sebesar 80,46% dibandingkan dengan siswa tidak menggunakan media e-learning menggunakan schoology sebesar 71,71%. Disimpulkan macromedia flash mesin konversi energi berbasis schoology layak digunakan dan efektif bagi siswa dan guru karena rata-rata uji coba produk mencapai 93,25% dalam kriteria sangat baik