PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Main Author: | Mursid, R |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pendidikan Studi Teknologi Pendidikan PPS Unimed
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/46269/2/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/46269/1/Turnitin.pdf http://digilib.unimed.ac.id/46269/ https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/24176 |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS dengan startegi pembelajaran NHT dan STAD, mengetahui pengaruh hasil belajar IPS terhadap kecerdasan interpersonal dan intrapersonal, mengetahui adanya interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan ganda terhadap hasil belajar IPS. Populasi penelitian siswa kelas XI SMK Negeri 1 Meranti. Sampel penelitian siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan faktor 2 × 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Prestasi belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran STAD;Prestasi belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal; dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran NHT dan strategi pembelajaran STAD dan kecerdasan berganda (kecerdasan intrapersonal dan interpersonal) terhadap prestasi belajar IPS siswa. Berdasarkan nilai rata-rata siswa memberikan indikasi bahwa kelompok siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal akan lebih baik diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT dan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal akan lebih baik diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD.