PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INQUIRY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 10 MAS. ISLAMIYAH SUNGGAL

Main Author: Mursid, R
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/46268/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46268/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/34583
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis inquiry yang dikembangkan pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Menurut penilaian dari ahli yang meliputi ahli materi, ahli media pembelajaran, dan desain pembelajaran yaitu produk penelitian masuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil Uji coba perorangan, Uji coba kelompok kecil, dan Uji coba kelompok lapangan produk masuk dalam kategori sangat baik. Uji t diperoleh nilai thitung = 2,01, ttabel untuk N = 40 diperoleh 1,69. nilai thitung> ttabel yang berarti antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry dapat diterima dan teruji kebenarannya. Efektifitas dari media pembelajaran interaktif berbasis inquiry pada mata pelajaran matematika sebesar 63,44%