ctrlnum 46248
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/46248/</relation><title>METAANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA</title><creator>Sibarani, Asmin Banija</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan jenjang pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian metaanalisis jenis deskritif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-journal nasional tahun 2016-2020. Subjek penelitian ini yaitu artikel penelitian mengenai pengaruh model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang di index oleh Sinta (science and Technology Index). Objek penelitian yaitu pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dilaporkan peneliti terdahulu pada artikel penelitian. Saringan yang digunakan dalam pemilihan artikel yaitu (1) penelitian kuantitatif dan memenuhi data effect size, (2) adanya data effect size yang dibutuhkan seperti rerata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan standard deviasinya, (3) artikel yang diterbitkan lima tahun terakhir, (4) indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan, (5) jenjang pendidikan pada tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat. Hasil penelitian: (1) secara keseluruhan model Problem-based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai effect size sebesar 0,71 pada kategori efek besar, (2) besar pengaruh model Problem-based Learning berdasarkan jenjang pendidikan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada tingkat SMP sederajat lebih tinggi yaitu dengan nilai effect size sebesar 0.78 dibandingkan pada tingkat SMA sederajat yaitu sebesar 0,55 dengan kategori efek besar, (3) besar pengaruh model Problem-based Learning berdasarkan wilayah menunjukkan hasil yang positif pada wilayah Sumatera Selatan dengan nilai effect size sebesar 1,50 pada kategori efek besar.</description><date>2021-06-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/46248/1/1.%20NIM%204172111025%20%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/46248/2/2.%20NIM%204172111025%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/46248/3/3.%20NIM%204172111025%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/46248/4/4.%20NIM%204172111025%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/46248/5/5.%20NIM%204172111025%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/46248/6/9.%20NIM%204172111025%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/46248/7/13.%20NIM%204172111025%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/46248/8/14.%20NIM%204172111025%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sibarani, Asmin Banija (2021) METAANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>46248</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sibarani, Asmin Banija
title METAANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
publishDate 2021
isbn 204172111025
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
QA Mathematics
url http://digilib.unimed.ac.id/46248/1/1.%20NIM%204172111025%20%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46248/2/2.%20NIM%204172111025%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46248/3/3.%20NIM%204172111025%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46248/4/4.%20NIM%204172111025%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46248/5/5.%20NIM%204172111025%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46248/6/9.%20NIM%204172111025%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46248/7/13.%20NIM%204172111025%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46248/8/14.%20NIM%204172111025%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46248/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan jenjang pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian metaanalisis jenis deskritif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-journal nasional tahun 2016-2020. Subjek penelitian ini yaitu artikel penelitian mengenai pengaruh model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang di index oleh Sinta (science and Technology Index). Objek penelitian yaitu pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dilaporkan peneliti terdahulu pada artikel penelitian. Saringan yang digunakan dalam pemilihan artikel yaitu (1) penelitian kuantitatif dan memenuhi data effect size, (2) adanya data effect size yang dibutuhkan seperti rerata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan standard deviasinya, (3) artikel yang diterbitkan lima tahun terakhir, (4) indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan, (5) jenjang pendidikan pada tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat. Hasil penelitian: (1) secara keseluruhan model Problem-based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai effect size sebesar 0,71 pada kategori efek besar, (2) besar pengaruh model Problem-based Learning berdasarkan jenjang pendidikan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada tingkat SMP sederajat lebih tinggi yaitu dengan nilai effect size sebesar 0.78 dibandingkan pada tingkat SMA sederajat yaitu sebesar 0,55 dengan kategori efek besar, (3) besar pengaruh model Problem-based Learning berdasarkan wilayah menunjukkan hasil yang positif pada wilayah Sumatera Selatan dengan nilai effect size sebesar 1,50 pada kategori efek besar.
id IOS3150.46248
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T14:00:08Z
last_indexed 2023-02-26T14:00:08Z
recordtype dc
_version_ 1766033621382070272
score 17.538404