METAANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan studi metaanalisis. Penelitian ini adalah penelitian metaanalisis kuantitatif jenis deskriptif terhadap analisis hasis publikasi penelitian ilmiah pada e-journal nasional tahun 2016-2020. Subjek penelitian yaitu artikel mengenai pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa tahun 2016-2020 yang di index oleh Sinta (Science and Technology Index). Objek penelitian yaitu pencapaian komunikasi matematis siswa setelah diuji coba dengan instrument tes. Saringan yang digunakan dalam pemilihan artikel yaitu: (1) penelitian kuantitatif dan memenuhi data effect size, (2) adanya data effect size yang dibutuhkan seperti rerata kemampuan komunikasi siswa standar deviasi, (3) diterbitkan lima tahun terakhir, (4) indikator komunikasi matematis yang digunakan, (5) jenjang pendidikan pada SMP dan SMA. Hasil penelitian: (1) secara keseluruhan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan komunikasis matematis siswa dengan nilai effect size sebesar 0,90 pada kategori efek besar, (2) besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan jenjang pendidikan mampu meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik di tingkat SMP/MTs lebih tinggi dari tingkat SMA/SMK/MA dengan nilai effect size sebesar 1,17 pada kategori efek besar, (3) besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan wilayah menunjukkan hasil yang positif pada wilayah Jakarta dengan nilai effect size sebesar 1,37 pada kategori efek besar.