HUBUNGAN PENGENDALIAN DIRI DENGAN SIKAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS XI IPS MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan pengendalian diri (self control) dengan sikap prokrastinasi akademik pada pembelajaran daring siswa kelas XI IPS di MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah kelas XI IPS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling dengan mengambil 25% dari seluruh siswa kelas XI IPS MAN 2 Model Medan. Besar sampel adalah 32 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner angket. Validitas serta realibitas instrumen diperoleh dengan product moment correlation dan dilanjutkan dengan pengukuran CFA. Uji hipotesis menggunkan rumus product moment dari pearson dengan bantuan SPSS26 for windows. Hasil analisis menunjukkan r = 0.316 dan Rsquare = 0,200 serta nilai signifikan 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil ini dikemukakan hipotesis penelitian: “terdapat hubungan pengendalian diri dengan sikap prokrastinasi akademik”. Mengingat hubungan ini negatif sebesar -.316 maka dapat dikemukakan pengendalian diri (self control) berhubungan dengan sikap prokrastinasi akademik pada pembelajaran daring siswa MAN 2 Model Medan diterima. Disarankan pada pembelajaran daring dilaksanakan secara simultan dengan peningkatan pengendalian diri siswa sehingga sikap prokrastinasi akademik siswa dapat dikendalikan.