Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi jajargenjang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket dan instrumen, lembar validasi RPP, lembar validasi media, angket respon siswa dan guru terhadap buku digital. Setelah seluruh instrumen dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi jajargenjang yang dikembangkan adalah: (1) perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran discovery learning yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan nilai validitas materi sejumlah 3,17 tergolong kategori sangat layak dan nilai validitas materi sejumlah 3,05 tergolong kategori layak. (2) Buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi jajargenjang yang dikembangkan telah memenuhi kreteria melalui : a) hasil angket respon guru terhadap buku digital menunjukkan nilai kepratisan sejumlah 3,29 tergolong kategori sangat praktis b) hasil angket respon siswa terhadap buku digital menunjukkan niali kepraktisan sebesar 3,46 dengan kategori sangat praktis. (3) Buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal 88%; b) lebih dari 65% siswa mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator; c) waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba lapangan serta respon siswa baik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Melalui uji Gain, terlihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning mengalami peningkatan sebesar 0,79 artinya dalam kategori tinggi.