PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA SMP KELAS VIII
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh e-book berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket dan lembar validasi instrumen tes, lembar validasi RPP, lembar validasi e-book, tes kemampuan komunikasi matematis, serta angket respon siswa dan guru terhadap e-book. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan e-book dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil validasi RPP dengan persentase 88% (sangat valid), validasi e-book dengan persentase 82% untuk materi dan 90% untuk media dengan kategori sangat valid. Diperoleh hasil respon siswa dengan persentase kepraktisan 86% (sangat praktis) dan angket respon guru dengan persentase kepraktisan 86% (sangat praktis). Diperoleh hasil dengan memenuhi kriteria efektif dengan nilai ketuntasan belajar siswa secara klasikal 96%, lebih dari 65% siswa mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator, dan waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba lapangan serta respon siswa baik terhadap e-book yang dikembangkan. Melalui uji Gain, terlihat bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan e-book berbasis PMR mengalami peningkatan sebesar 0,7 artinya dalam kategori tinggi.