PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIAJAR MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN CABRI 3D DENGAN SISWA YANG DIAJAR MELALUI METODE EKSPOSITORI BERBANTUAN CABRI 3-D
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui perbedaan kemampuan spasial siswa dan menganalisis perbedaan kemampuan spasial siswa antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan penemuan terbimbing berbantuan Software Cabri 3D dengan metode ekspositori berbantuan Software Cabri 3D. (2) Mengetahui perbedaan disposisi matematik siswa dan menganalisis perbedaan disposisi matematik antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan penemuan terbimbing berbantuan Software Cabri 3D denga nmetode ekspositori berbantuan Software Cabri 3D. Teknik pengumpulan data dengan mengambil data dari nilai pretes dan postes dari masing-masing kelas eksperimen untuk menguji kemampuan spasial matematik dan angket respon siswa untuk menguji disposisi matematik siswa dari dua pendekatan yaitu pendekatan penemuan terbimbing dan ekspositori dengan berbantuan Software Cabri 3D. Hasil penelitian menunjukkan : (1)Model regresi yang sudah diperoleh untuk kemampuan spasial sebelumnya yaitu kelas metode ekspositori berbantuan Software Cabri 3D adalah Y_E2=3,794+1,031X_E2 dan kelas pendekatan penemuan terbimbing berbantuan Software Cabri 3DY_E1=6,606+3,794X_E1. (2)Kemampuan spasial kelompok pendekatan penemuan terbimbing berbantuan Software Cabri 3D yaitu Y= 6,606 lebih besar dari persamaan konstanta persamaan garis regresi linier kelompok metode ekspositori berbantuan Software Cabri 3D yaitu Y= 3,794. (3)Berdasarkan peningkatan rata-rata tersebut, terlihat bahwa perbedaan rata-rata kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada peningkatan rata-rata kelas eksperimen 2, yaitu 63,37> 62,50 dan 89,53 > 80,00. (4)Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan disposisi matematik siswa.