Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP melalui model pembelajaran Think-Pair-Share yang dianalisis dengan menggunakan skripsi dan jurnal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik studi kepustakaan (library research) Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif bersifat deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP melalui model pembelajaran Think-Pair-Share yang diperoleh berdasarkan sumber data yang dianalisis meningkat dengan presentase dari pra siklus ke siklus II sebesar 36,28% pada P1, pra siklus ke siklus II sebesar 45.45% pada P2, siklus I ke siklus II sebesar 7,86% pada P3, pra siklus ke siklus II sebesar 40,54% pada P4 dan pada P5 meningkat saat diberikan tes akhir maka peningkatannya sebesar 19,44%. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP.