PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 TANJUNG BERINGIN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran inkuri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 3 Tanjung Beringin. Penelitian ini didesain dengan Quasi Eksperimen . Desain yang digunakan adalah the pretest – posttest control group design. Kelas A diberi perlakuan inkuiri terbimbing dan kelas B diberi perlakuan inkuiri bebas termodifikasi, masing – masing kelas diberi pretest sebelum perlakuan dan diberi posttest setelah diberi perlakuan dengan menggunakan materi Bentuk Aljabar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada kelas inkuiri bebas termodifikasi yaitu sebesar 85,60 sedangkan nilai rata – rata nilai inkuiri bebas termodifikasi sebesar 78,87 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 3 Tanjung Beringin. Dan disarankan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.