ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMPSWASTA MADANI
Daftar Isi:
- Masalah berupa sulitnya siswa memahami materi matematika seperti soal berbentuk HOTS yang diambil dari materi sistem persamaan linier dua variabel, mengakibatkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe HOTS materi sistem persamaan linier dua variabel. (2) menganalisis penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe HOTS materi sistem persamaan linier dua variabel. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMP Swasta Madani dengan materi sistem persamaan linier dua variabel, akan tetapi dalam penelitian ini 12 subjek dipilih dan dijadikan sebagai subjek wawancara. Subjek terbagi atas kategori kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode tes, wawancara dan dokumentasi. Metode tes yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian sebanyak tiga soal bertipe HOTS. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan teori kesalahan Newman dengan tahapan kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar persentase kesalahan membaca sebesar 59,02% dan dikategorikan sedang, besar kesalahan memahami sebesar 62,40 % dan dikategorikan sedang, besar kesalahan transformasi sebesar 57,83% dan dikategorikan sedang, besar kesalahan keterampilan proses sebesar 58,33% dan dikategorikan sedang, besar kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 58,82% dan dikategorikan sedang. Jenis kesalahan terbesar yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal cerita HOTS materi sistem persamaan linier dua variabel yaitu siswa menghilangkan kata tertentu serta siswa tidak menjawab dengan lengkap sedangkan faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya kesalahan yaitu rendahnya kemampuan siswa memahami soal, rendahnya kemampuan siswa dalam menafsirkan masalah matematika.