PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA, POTENSI DIRI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKS BUDI AGUNG MEDAN T.P 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orangtua, potensi diri, dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran T.P 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 123 siswa dan Sampel dalam penelitian ini adalah 72 siswa dengan teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu teknik randon sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 25, diperoleh persamaan garis linear Y = -2,493 + 0,304X1 + 0,286X2 + 0,365X3. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara status sosial ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan hasil nilai 2,230 > 1,99547 dan nilai sig. 0,029 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh antara potensi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan hasil nilai 2,581 > 1,99547 dan nilai sig. 0,012 < 0,05 (3) Terdapat pengaruh antara lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan hasil nilai 5,777 > 1,99547 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 (4) Terdapat pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua, potensi diri dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan hasil nilai 54,352 > 2,74 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 0,706 atau dapat diartikan bahwa 70,6% minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orangtua, potensi diri dan lingkungan teman sebaya, sedangkan sisanya sebesar 29,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.