ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIEMPATNEMPU
Daftar Isi:
- Dalam pembelajaran matematika, komunikasi matematis merupakan suatu keterampilan penting yang harus dimiliki siswa. Komunikasi matematik merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika dan menjadi salah satu standar kompetensi yang harus dicapai siswa. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa serta menganalisis kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis pada materi terkhusus yakni materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siempatnempu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siempatnempu pada indikator (1) menjelaskan ide atau situasi dari suatu gambar atau grafik yang dijelaskan dengan kata-kata sendiri dalam bentuk tulisan (Menulis)berada pada kategori sangat rendah, dengan perolehan rata-rata skor sebanyak 26,39; pada indikator (2) menyatakan suatu situasi dengan gambar atau grafik (Menggambar)berada pada kategori sangat rendah,dengan perolehan rata-rata skor sebanyak 34,44; pada indikator (3) menyatakan situasi ke dalan model matematika (Ekspresi Matematik) berada pada kategori baik,dengan perolehan rata-rata skor sebanyak 78,88. Kemudian untuk letak kesalahan jawaban yang dibuat siswa meliputi beberapa jenis kesalahan yaitupada kesalahan konseptual, dengan persentase siswa sebanyak 12,21%, kesalahan prosedural dengan persentase siswa sebanyak 29,97% dan kesalahan teknik dengan persentase siswa sebanyak 15,17%.