Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan: (1) apakah peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PjBL memanfaatkan media pembelajaran weblog lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional memanfaatkan media pembelajaran weblog, (2) apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model PjBL memanfaatkan media pembelajaran weblog dengan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional memanfaatkan media pembelajaran weblog, (3) apakah ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan peningkatan hasil belajar yang diajarkan dengan model PjBL memanfaatkan media pembelajaran weblog. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 denga kurikulum 2013 pada materi laju reaksi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan, yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing terdiri dari 34 siswa. Penentuan sampel ini dilakukan dengan teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar dan instrumen non tes untuk mengukur motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar yang dibelajaran dengan model PjBL memanfaatkan media pembelajaran weblog sebesar 82,31 sedangkan yang diajarkan dengan model konvensional memanfaatkan media pembelajaran weblog sebesar 71,92; rata-rata motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model PjBL memanfaatkan media weblog sebesar 79,72 sedangkan yang diajarkan dengan model konvensional memanfaatkan media weblog sebesar 71,92. Berdasarkan analisis statistis SPSS 25 pada tingkat signifikansi 5% dapat dinyatakan bahwa (1) peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PjBL memanfaatkan media weblog lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional memanfaatkan media weblog; (2) Motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model PjBL memanfaatkan media weblog lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional memanfaatkan media weblog; (3) ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PjBL memanfaatkan media weblog, dengan koefisien korelasi sebesar 0,880 dan kontribusi motivasi terhadap peningkatan hasil belajar sebesar 77,44% sedangkan 22,56% lagi dipengaruhi faktor lain.